Khamis, 10 Mei 2012


Masjid Qolşärif juga disebut Qol Sharif, Kul Sharif, Qol Sherif melalui bahasa Tatar: Колшәриф мәчете dan Kul Sharif melalui bahasa Rusia: мечеть Кул-Шариф) adalah masjid yang begitu indah di Kazan, Republik Tatarstan, Federasi Russia. Masjid ini merupakan salah satu masjid indah dunia yang fotonya bertebaran di dunia maya. Arsitekturnya yang begitu indah menjadikannya sebagai salah satu objek foto pavorit. Masjid ini juga menyandang predikat sebagai salah satu masjid terbesar di Russia dan wilayah Eropa timur yang mana bahagian dalam masjid mampu menampung 1,500 jemaah sementara di kaki lima seluruh kawasan masjid mampu menampung sepuluh ribu jemaah sekaligus.
Nama masjid ini merupakan penghormatan terhadap Imam masjid terahir dan pemimpin perlawanan rakyat Kazan “Seid Kul Sharif” yang gugur bersama para muridnya mempertahankan Kazan dari serbuan Tsar Rusia Ivan The Terrible.
Beberapa temuan sejarah menunjukkan bahwa Islam telah ada diwilayah Federasi Rusia (saat ini) sejak abad ke-10 M. Tepatnya di Kazan, Ibu Kota Republik Tatarstan dan salah satu kota terbesar di Rusia. Bukti kehadiran Islam di tanah Kazan ini, merujuk pada penemuan sebuah masjid yang diyakini berusia seribu tahun lebih. Arkeolog menemukan reruntuhan lain berupa bebatuan putih di dekat salah satu benteng kuno. Menurut para peneliti, bangunan itu menghadap ke arah Makkah. Masjid Qul Sharif dibuka kembali pada 24 Julai 2005 menandakan perayaan 1000 tahun Kazan yang disambut dengan ribuan jemaah yang berkumpul disana untuk melakukan sholat jumaat berjemaah.

















Tiada ulasan: